Jumat, 29 Maret 2013

Sumber Daya Air dan Lingkungan : Potensi, Degradasi dan Masa Depan

Sumber Daya Air dan Lingkungan : Potensi, Degradasi dan Masa Depan
Sumber daya air merupakan sumber daya yang sangat vital bagi kehidupan manusia. Banyak kegiatan yang dilakukan manusia yang sangat bergantung dengan ketersediaannya. Namun, dengan semakin bertambahnya penduduk, tekanan terhadap kualitas dan kuantitas sumber daya air semakin meningkat dan berubah menjadi masalah lingkungan. Meskipun penting dan menjadi langka, pada kenyataannya sumber daya air tidak dikelola dengan baik.


Buku ini merupakan sajian mengenai hasil penelitian-penelitian yang dilakukan oleh Puslit Geoteknologi - LIPI mengenai kondisi sumber daya air di Indonesia pada saat ini. Di dalam buku ini terdapat tiga belas (13) tulisan penelitian dari peneliti yang berbeda-beda. Judul-judul penelitian yang dimuat dalam buku ini antara lain: Dampak Perubahan Iklim Terhadap Neraca Air Pulau Siberut; Dampak Perubahan Tata Guna Lahan Terhadap Ketersediaan Air Tanah di DAS Citanduy Berdasarkan Koefisien Infiltrasi; Pengaruh Hidromorfologi dan Keterdapatan Air Tanah di Pesisir Pantai Karanganyar, Kebumen, Jawa Tengah; Optimalisasi Sumber Daya Air di Wilayah Pesisir; Evaluasi Dinamika Air Tawar Pulau Kecil; Tata Air dan Kerentanan Lingkungan Lahan Gambut; Air Tanah Dangkal Sebagai Sumber Air Bersih Kota Palangkaraya; Kajian Sumber Daya Air SUBDAS Bontang, Kalimantan; Pemetaan Mata Air di Kabupaten Belu, NTT; Daur dan Tata AirDaerah Podzol Tropis di Kalimantan; Disribusi Spasial dan Temporal Curah Hujan Rata-Rata Tahunan Tipe Orografik untuk Menduga Angka Koefisien Aliran di Cekunagn Bandung; Demontrasi Leaching Logam Berat SebagaiDampak Lingkungan Pascapenambangan Timah di Pulau Bangka, Indonesia dan Kondisi Citarum Saat Ini dan Strategi Pengendaliannya.

Buku ini cukup menarik untuk dibaca, karena buku ini dilengkapi dengan gambar-gambar ilustrasi serta tabel-tabel yang memudahkan pengguna dalam memahami maksud dari tulisan penelitian tersebut. selain itu, buku ini juga dilengkapi dengan indeks penulis dan indeks kata kunci untuk membantu pengguna dalam menemukan yang materi yang dicari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar